penyedap

5 penyedap rasa alami:

1. garam

2. lada

3. pala

4. vanili

5. daun jeruk

5 penyedap rasa buatan:

1. monosodium glutamat (penguat rasa)

2. ester (perasa buah)

3. ethil vanilin (perasa vanili buatan)

4. amil asetat (perasa buah)

5. terpenoid (perasa jeruk)

Pembahasan:

Penyedap, atau penguat rasa, salah satu uatu senyawa atau campuran, umumnya berupa ekstrak atau saripati, yang ditambahkan ke makanan untuk meningkatkan rasa dan aroma sehingga menjadi lebih lezat.

Penyedap rasa terbagi menjadi, penyedap alami dan penyedap buatan. Penyedap alami adalah zat penyedap yang diperoleh dari bahan mentah tanaman atau hewan, melalui proses fisik, mikrobiologi atau enzimatik.

Penyedap alami dapat digunakan dalam bentuk alami langsung, atau dalam bentuk olahan. Contoh penyedap alami adalah rempah-rempah, jus buah, telur, jamu, daun jeruk dan vanili.

Penyedap buatan adalah zat-zat penyedap yang dibuat dari senyawa kimia, dan tidak memiliki padanan dari bahan alami.

Penyedap makanan ini biasanya dihasilkan oleh distilasi fraksional dan manipulasi kimia tambahan dari bahan alami bersumber atau dari minyak mentah atau tar batubara.

Contoh dari penyedap buatan ini adalah ethil vanillin, senyawa artifisial yang berbau dan rasanya seperti vanilin. Penyedap ini digunakan untuk menggantikan vanili karena rasanya tiga kali lebih kut dari rasa vanili. Penyedap ini sering ditambahkan ke es krim, kembang gula dan makanan yang dipanggang.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/182279#readmore

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Sistem Gerak Manusia

Penerapan dan Manfaat Prinsip Bidang Miring

jantung dan pembuluh darah