gangguan atau kelainan pada sistem peredaran darah dan upaya untuk mencegah serta menaggulangi

KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

ANEMIA, merupakan keadaan tubuh yang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah.
upaya:
Bagi penderita anemia karena kekurangan zat besi, sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam


VARISES, yaitu pelebaran pembuluh vena terutama di bagian kaki.
upaya:
Pengobatan alami atau cara menghilangkan varises kaki secara alami biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama walaupun sebenaranya caranya cukup mudah

TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI), yaitu keadaan tekanan darah yang di bawah normal. Gejala hipotensi adalah lesu, pusing, dan gangguan penglihatan, bahkan sampai pingsan. Penyebabnya dapat karena terlalu banyak meminum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan pendarahan.
upaya:
membatasi konsumsi minuman keras dan minum air putih yang banyak. Bagi Anda yang menyukai minuman berkafein, hindari minuman yang mengandung nutrisi tersebut di malam hari.

TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI), yaitu keadaan tekanan darah yang melebihi tekanan normal. Penyebab hipertensi adalah nikotin pada rokok, faktor keturunan, stress, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga dan kelebihan obat-obatan.
upaya:
Makanlah buah-buahan kaya serat setiap hari. Jeruk, apel, dan pisang adalah sebagian buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk pasien darah tinggi. Baca makanan yang berserat tinggi : Sayuran/Makanan yang Berserat Tinggi. Sayuran hijau juga menolong sistem pemulihan tekanan darah tinggi misalkan bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis harus ada pada daftar menu harian.



HEMOFILIA, Hemofilia adalah suatu penyakit yang diturunkan, yang artinya diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan.
upaya:
Mengkonsumsi makanan/minuman yang sehat dan menjaga berat tubuh tidak berlebihan. Karena berat berlebih dapat mengakibatkan perdarahan pada sendi-sendi di bagian kaki (terutama pada kasus hemofilia berat).


LEUKIMIA (kanker darah), ialah bertambahnya leukosit secara tak terkendali.
Leukemia dalah salah satu peyakit kanser yang menyerang sel darah. Jadi leukemia adalah kanser sel darah. Banyak jenis kanker menyerang manusia pada usia tertentu, tetapi leukimia menyerang semua usia sejak bayi hingga orang tua.
upaya:
terapi atau juga dengan obat-obatan herbal.

PENYAKIT KUNING PADA BAYI (ERITROBLASTOSISFETALIS), adalah rusaknya eritrosit bayi atau janin akibat aglutinasi dari antibodi ibu, apabila ibu bergolongan darah RH- dan embrio Rh+. Penyakit ini terjadi pada kandungan kedua, jika kandungan pertama embrio juga bergolongan darah Rh+
upaya:
Sedangkan jika bilirubinnya (pigmen kuning yang dihasilkan karena adanya pemecahan hemoglobin dalam hati) tinggi , maka dilakukan penyinaran dengan sinar biru (fototerapi), bahkan bila perlu dilakukan tranfusi tukar darah, bila hal ini terjadi, maka diperlukan waktu selama beberapa minggu hingga bayi benar-benar sembuh total.

Thalasemia
Thalasemia merupakan penyakit hereditas yang dikendalikan gen dominan, bersifat subletal.Bentuk sel darah tidak normal (berbentuk agregat) sehingga afinitas terhadap oksigen rendah.Penderita Thalasemia tidak mampu menyintesis rantai polipeptida alfa (α) dan rantai polipeptida beta (β) yang cukup.Rantai polipeptida dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin.
upaya:
Sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar mampu menjadi penyembuh penyakit thalasemia ini. Namun penderita dapat tetap berusaha agar bisa sembuh dari penyakit thalasemia ini. Berikut ini saya berikan beberapa cara umum yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit thalasemia.

1. Atasi anemia yang terjadi dengan cara transfusi
2. Konsumsi kandungan suplemen folat untuk penderita thalasemia berat
3. Hindarilah jenis obatan dengan kandungan zat besi dan juga pengoksidasi untuk penderita thalasemia yang menjalani transfusi. Hal ini karena kandungan zat besi secara berlebih akan menyebabkan terjadinya keracunan.
4. Sebisa mungkin menghindari stress
5. Pengobatan medis modern dengan mentransplantasi sumsum tulang allogenic. Untuk hal ini dibutuhkan konsultasi dengan dokter.

Aterosklerosis
Aterosklerosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh pengerasan pembuluh darah akibat endapan lemak yang menyebabkan pembuluh darah tidak elastis.
upaya:
Misalnya pada tekanan darah tinggi pengobatan yang dilakukan ialah dengan memberikan obat Angiotensin yang berfungsi mengatur tekanan darah yang bekerja dengan mengalangi tindakan beberapa hormon.

Diabetes Mellitus
Seseorang dikatakan kencing manis jika kadar gula darah puasa > 120mg % dan sesudah makan > 140 mg%.
penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat.
upaya:
Hal yang dapat dilakukan untuk mengobati diabetes adalah mengendalikan berat badan, olah raga dan diet. Tujuan dari pengobatan diabetes tersebut adalah untuk mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran yang normal.

sumber:https://brainly.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Sistem Gerak Manusia

Penerapan dan Manfaat Prinsip Bidang Miring

jantung dan pembuluh darah